Sunday, November 12, 2017

METODE QUANTUM LEARNING (QUANTUM LEARNING METHOD)



Quantum learning pada dasarnya adalah suatu konsep belajar dengan membiasakan belajar dengan suasana nyaman dan menyenangkan. Suasana tersebut dapat membantu orang untuk berkosentrasi dengan mudah mengerjakan pekerjaan mental dengan rileks. Suasana menyenangkan dalam pembelajaran dapat diciptakan guru dengan peserta didik yang terbuka dan penuh keriangan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Lingkungan fisik belajar yang kondusif memungkinkan siswa dapat beraksi dan berkreasi dengan penuh motivasi. Penataan suasana hati dengan musik dapat meningkatkan kegairahan belajar (Darmansyah, 2007: 41).
Quantum learning merupakan salah satu pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran harus menarik dan menyenangkan karena pembelajaran yang menarik berarti mempunyai unsur menggelitik bagi siswa untuk terus diikuti, dengan begitu siswa mempunyai motivasi untuk terus mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan berarti pembelajaran cocok dengan suasana yang terjadi dalam diri siswa. Kalau siswa tidak senang, pasti juga siswa tidak ada perhatian. Ujung-ujungnya pasti siswa jenuh dan masa bodoh (Suyatno, 2004: 1).
Metode Quantum adalah suatu metode belajar yang menciptakan lingkungan belajar yang efektif dengan cara menggunakan unsur-unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas. Interaksi yang terjadi di dalam kelas melibatkan semua unsur yang ada, hal ini siswa diharapkan berperan serta (Bratasari, 2010: 6). Proses belajar-mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam suatu pengajaran untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Berbagai metode yang dipergunakan dalam suatu pengajaran harus dijabarkan ke dalam metode pembelajaran. Metode pembelajaran Quantum adalah seperangkat metode dan falsafah belajar yang telah terbukti efektif di sekolah dan bisnis kerja untuk semua tipe orang dan segala usia.
Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan dapat membangkitkan semangat keaktifan siswa dalam belajar mengajar adalah Quantum Learning. Quantum learning merupakan aplikasi dari pengajaran Quantum Teaching. DePorter, dkk (2011: 14) menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang dilakukan dengan metode pembelajaran Quantum, yakni : (a) berpartisipasi dengan cara mengubah keadaan kelas dari yang semula biasa mejadi kelas yang menarik; (b) memotivasi dan menumbuhkan minat siswa dengan menerangkan kerangka rancangan yang dikenal dengan singkatan TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan); (c) membangun rasa kebersamaan; (d) menumbuhkan dan mempertahankan daya ingat; dan (e) merangsang daya dengar anak didik. Cara-cara ini pada dasarnya dapat menempatkan guru dan anak didik pada keadaan yang dapat menuju keberhasilan belajar dengan lebih cepat.
TANDUR merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Menerapkan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran, diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran sehingga siswa cenderung tidak akan merasa bosan dan emosi siswa dapat lebih diperhatikan. TANDUR singkatan dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Pada setiap tahapan pembelajaran tersebut, siswa dikondisikan selalu berada dalam keadaan aktif sehingga tidak ada siswa yang tidak terlibat dalam pembelajaran. Pembelajaran TANDUR ini dilaksanakan dalam tiga seri pembelajaran dengan menggunakan keseluruhan tahap metode pembelajaran TANDUR. 
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa Quantum Learning adalah metode pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan sehingga menumbuhkan minat, motivasi, serta semangat siswa untuk berkosentrasi. Hasil pembelajaran dengan metode ini lebih maksimal karena siswa tidak bosan dan jenuh dalam pembelajaran.

No comments:

Post a Comment

Semangat Kolaborasi Riset Membangun IKN Berbudaya: Desa Telemow Bersiap Menjadi Laboratorium Hidup Kearifan Lokal

  Penajam Paser Utara, 16 September 2024 – Gemuruh semangat pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur bergema hingga ke pel...